Keutamaan Berpuasa

Seperti yg telah kita ketahui bersama bahwasannya dalam kurun waktu 1 tahun, terdapat satu bulan dimana kaum muslimin sangat menantikan bulan tersebut. Pada bulan itu, masjid-masjid yg biasa sepi dalam sholat berjama’ah, mendadak penuh. Kencleng-kencleng masjid yg biasa hampa, terasa berat terisi oleh infaq. Pada sore harinya, kaum muslim ramai pergi memenuhi pasar-pasar untuk berbelanja. Ya, Bulan tersebut adalah bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah Bulan yg sangat agung dan mulia, dimana pada Bulan tersebut terdapat salah satu amalan wajib yg harus ditunaikan oleh hamba Allah, yaitu Berpuasa. Berpuasa di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yg sangat besar yg sangat sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja. Berikut ini akan diberikan beberapa dalil tentang keutamaan orang yg berpuasa:

1. Mendapat pengampunan dosa
Dari Sahabat Abu Hurairoh, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yg berpuasa di Bulan Ramadhan karena Iman & mengharap pahala dari Allah, maka dosanya pada masa lalu akan di ampuni”. HR. Bukhari & Muslim

2. Penghalang dari api Neraka
Dari Sahabat Jabir bin Abdillah, Rasulullah bersabda: “Puasa adalah perisai yg dapat menghalangi seorang hamba dari siksa api Neraka”. HR. Ahmad

3. Meraih Ketaqwaan
Allah berfirman: “Wahai orang-orang yg beriman, diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yg Bertaqwa.

Mengingat keutamaan yg begitu besar tersebut, sudah seyogyanya kita harus bersungguh-sungguh memanfaatkan momen ibadah puasa untuk meningkatkan kualitas Ketaqwaan kita sehingga Allah akan mengampuni dosa-dosa kita yg telah lalu, melindungi kita dari siksa api neraka dan memasukkan kita ke dalam Surga-Nya.