Khasiat dan Manfaat Mandi

Untuk perawatan tubuh, mandi memegang peran penting. Siapa sangka mandi menyimpan banyak khasiat.
Agar memberi khasiat, mandi harus dilakukan dengan benar. Bila dilakukan secara teratur, akan membantu melancarkan sirkulasi darah, tubuh pun menjadi segar bugar dan bercahaya.

Menurut seorang pakar perawatan tubuh, mandi dengan air hangat atau dengan air dingin akan memberikan akibat berbeda, kadang malah bertentangan. Bila air hangat akan membuat rileks, maka air dingin justru membangkitkan semangat. Artinya, di pagi hari, sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, lebih dianjurkan untuk mandi dengan air dingin. Sedangkan mandi air hangat lebih tepat dilakukan untuk mandi sore atau malam hari menjelang istirahat.

Secara umum sabun digunakan untuk membersihkan kotoran di tubuh. Namun, saat menyabun jangan cuma asal gosok. Berikan sedikit pijatan halus di tubuh. Sekali-sekali perlu dilakukan pengelupasan untuk membuang kulit tua dan mati. Proses pembaruan kulit yang biasanya berlangsung setiap 28 hari dapat terhambat karena stres, perubahan hormon, perubahan suhu, pergantian musim, dan penuaan. Jika regenerasi berjalan lambat, kekeringan pada kulit meningkat. Kulit pun menjadi kusam, terutama di bagian siku, lutut, dan tumit.

Pengelupasan akan membuat kulit menjadi halus dan segar. Cara sederhana yang selama ini sudah dipakai secara turun-temurun antara lain dengan menggosokkan tumbukan biji-bijian (beras, biji gandum), buah oyong kering. Anda pun bisa mencoba membuat sendiri mangir yang mengandung bahan temu giring, kunyit, bubuk krangean, kayu cendana, gatal, dan beras. Batu apung hanya digunakan untuk menggosok tumit.

Pernah mendengar istilah mandi lengkap? Di Indonesia mandi lengkap umumnya meliputi rangkaian pemijatan, pengelupasan kulit, pembersihan, penguapan, dan mewangikan tubuh.

Pemijatan bertujuan melemaskan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Agar tidak melukai kulit, sebelumnya seluruh tubuh dibaluri messege oil, biasanya minyak zaitun. Selanjutnya, pengelupasan yang diteruskan dengan mandi lulur, meluluri tubuh dengan ramuan penyehat kulit. Selain mandi lulur, ada pula mandi susu yang berguna untuk membersihkan tubuh dan membuat kulit menjadi halus lembut. Mandi susu
biasanya menggunakan susu hewan seperti sapi atau kambing.

Jenis lain adalah mandi lumpur yang menggunakan rempah-rempah yang dihaluskan sehingga berwarna hitam. Ada juga spa atau salon yang menawarkan mandi lumpur sungguhan (vulkanik) yang sudah diolah dan diuji efek kesehatannya.

Pemanasan dengan sauna selama 5 – 10 menit dapat melebarkan saluran peredaran dan melancarkan keluarnya keringat. Kendati sebagian besar keringat berupa air, sekitar 10 – 30%-nya merupakan racun kimia yang terbentuk karena stres, polusi, atau diet yang keliru. Selanjutnya, mengharumkan tubuh dengan berendam di air garam yang diberi pewangi atau rempah-rempah.

Karena prosesnya cukup panjang, mandi lengkap biasanya dilakukan disalon atau layanan spa sekaligus sambil berelaksasi. Sebenarnya, kalau mau telaten, mandi lengkap pun bisa dilakukan di rumah. Saat ini di
pasaran sudah banyak dijual bahan-bahan alamiah yang siap pakai.

Author: Dewi Puspa