Mengalahkan Kemacetan

Kemacetan tampaknya telah jadi bagian dari kehidupan manusia modern, terutama di kota besar. Bahkan ironisnya, perjalanan pulang pergi menuju tempat kerja bisa jadi lebih lama dibanding waktu Anda berinteraksi dengan pasangan dan suami, apalagi bila tiap anggota keluarga disibukkan dengan kegiatan masing-masing. Selain membuang banyak waktu, kemacetan juga menimbulkan kejenuhan, stres, bahkan kerap berujung pada rasa kesal.

Namun begitu, jangan biarkan kemacetan mengalahkan Anda setiap hari. Bila Anda telah menyadari bahwa kemacetan adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan dalam keseharian, Anda dapat mempersiapkan diri untuk melakukan beberapa langkah agar tetap produktif sekaligus mengalahkan rasa bosan.

Agar tetap aktif dan produktif

  • Waktunya untuk refleksi dan merencanakan. Kemacetan ‘memberi’ Anda waktu dan ketenangan, ini kesempatan emas untuk melakukan refleksi sekaligus merencanakan apa yang akan Anda lakukan. Pikirkan apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyelesaikan tugas-tugas, strategi untuk mengatasi problem yang sedang dihadapi, atau memikirkan ide-ide baru bagi pekerjaan. Jangan lupa sediakan buku kecil dan pena untuk mencatat ide dan buah pikiran Anda.
  • Selesaikan pekerjaan yang tertunda. Dengan berbagai kemajuan teknologi saat ini, berbagai perangkat teknologi canggih memungkinkan Anda melakukan berbagai hal mulai dari membaca dan mengirim email, membaca laporan, hingga mempersiapkan diri untuk presentasi.
  • Olah raga ringan. Duduk dalam jangka waktu lama akan mengganggu aliran darah, karena itu jangan lupa untuk sesekali melakukan stretching baik kaki maupun tangan. Bahkan bila antrian kendaraan dalam keadaan berhenti total, Anda bisa memanfaatkannya untuk berlatih bagian tubuh atas seperti tangan dengan memanfaatkan dumbel berukuran kecil.
  • Menikmati sarapan. Dari pada sarapan dalam keadaan terburu-buru di rumah, lebih baik santap saja sarapan Anda sembari mengantri macet. Dengan perut terisi, Anda pun lebih tenang menghadapi kemacetan.
  • Memakai make-up. Bagi ibu bekerja, pagi hari kerap diwarnai ‘kerusuhan’ karena harus menyiapkan kebutuhan suami dan anak, hingga kadang tak ada waktu untuk berhias. Manfaatkan kemacetan untuk mengenakan riasan Anda dengan santai.

Untuk mengusir kebosanan

  • Dengarkan musik. Biasanya kita mendengarkan musik sambil melakukan kegiatan lain, namun dalam kemacetan, Anda punya waktu untuk benar-benar berkonsentrasi dan menikmati musik yang sedang didengarkan. Jangan lupa siapkan koleksi lagu favorit dalam CD, MP3, atau iPOD Anda. Bila perlu, ikutlah menyanyikan lagu favorit tersebut!
  • Dengarkan radio. Bukan sekedar untuk menikmati lagu, tetapi berbagai informasi yang disiarkan di radio pun bisa memberi Anda tambahan pengetahuan, seperti berita terbaru, naik turun pasar modal, sampai resto terbaru yang pantas dicoba.
  • Kini telah banyak tersedia audio books, Bagi Anda penggemar kisah fiksi pasti langsung lupa akan kemacetan ketika mendengar alur cerita memikat dari berbagai kisah yang didengar.

Sumber:  Sahabat Nestle